Rabu, 06 April 2011

Legalisir ijazah di Depkumham Dan Deplu

Biasanya buat yang mau melanjutkan studinya ke luar negeri ada beberapa persyaratan yang mengharuskan kita untuk melegalisir ijazah di depkumham lalu dilanjutkan ke deplu.

1. PENGURUSAN DI DEPKUMHAM
Kantor Depkumham sendiri berada di Jl. HR Rasuna Said Kav 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan. kantor pelayanannya berada di Gedung AHU buka dari pukul 9 pagi sampai jam 15.00 . letaknya tepat berada di depan pasar festival. Kalo mau kesana menggunakan Busway kita bisa turun Di Halte Gor Sumantri.
Hal yang harus dipersiapkan untuk ke depkumham itu
a) Dokumen yang ingin dilegalisir + Foto copy dari dokumen tersebut ( ingat Dokumen yang ingin dilegasir tersebut harus terlebih dahulu dilegalisir oleh Sekolah/universitas/instansi yang mengeluarkan)
b) Foto copy KTP/SIM
c) Materai 6 ribu sebanyak jumlah dokumen yang ingin dilegalisir (bisa juga beli materai di koperasi sana harga satu materai Rp 7000 kalo ingin lebih murah bisa dipersiapkan dulu beli dikantor pos dengan harga sama seperti materai Rp 6000).
d) Map (bisa juga dibeli di koperasi sana)

Semua itu sudah saya persiapkan terlebih dahulu supaya disana ga ribet lagi hehe.. nah kalo persiapan diatas udah jadi baru berangkat ke kantor Depkumham. kalo udah sampai di kantornya kita terlebih dahulu pergi ke koperasinya buat beli Formulir legalisir dan Map (kaya ada lambang depkumham gitu), kalo yang belum nyiapin poin a,b,c DIATAS bisa Fotocopy di koperasi nya.
setelah urusan di koperasi selesai, baru kita masuk kedalam dan mengambil nomor antrian di meja informasi. kita akan disuruh menunggu dipanggil sesuai nomor antrian di bagian loket IV (bag.legalisasi). sambil menunggu susun semua berkas yang akan dilegalisir ke dalam map. Kalo udah dipanggil petugas akan mengecek semua kelengkapan berkas serta Fotocopynya (untuk dijadikan arsip) setelah pengecekan beres anda diminta untuk membayar biaya legalisasi ke bank BNI (banknya langsung ada didalem depkumham). biaya untuk 1 dokumen adalah Rp 25.000 . jadi kalo anda ingin melegalisir 6 dokumen harus membayar Rp 150.000.
setelah pembayaran beres datang lagi ke loket IV tadi sambil memberikan bukti pembayaran. berkas legalisasi pun bisa diambil dengan 3 hari kerja.

2. PENGURUSAN DI DEPLU
Setelah pengurusan di Depkumham beres selanjutnya legalisasi di Deplu. di Jalan Pejambon No 6. Jakarta Pusat buka dari jam 9.30 – 16.00. kalo dari depkumham bisa naik bus nomor 20 trus bilang turun di deplu. kalo mau naik busway langsung aja turun di halte Deplu (kantor Deplunya pas dibelakang haltenya)
yang dipersiapkan sebelum ke DEPLU
a) Dokumen yg dilegalisir depkumham di fotokopi terlebih dahulu (bisa fotokopi di Depkumham langsung aja karena di Deplu Fotokopinya agak jauh)
b) Bawa Map Kuning
c) Materai 6 ribu sebanyak jumlah dokumen yang ingin dilegalisir (bisa juga beli materai di koperasi sana harga satu materai Rp 7000 kalo ingin lebih murah bisa dipersiapkan dulu beli dikantor pos dengan harga sama seperti materai Rp 6000).
d) Fotocopy KTP/SIM

Kalo udah siap semua langsung Capcus ke Deplu bagian pelayanan legalisasi ada di lantai dasar. setelah sampai, nanti ada petugas yang berada di meja informasi menanyakan apa udah Fotocopy berkas, materai DLL yang saya sebutkan poin2 persiapan diatas. kalo udah beres semua kita dikasih formulir Legalisasi. setelah selesai mengisi form nya masukin dokumen, materai, Formulir ke dalam Map Kuning lalu ke loket 2 untuk diberikan ke petugas dokumen yang ingin dilegalisasi. biaya untuk 1 dokumen Rp 10.000 jadi kalo 6 dokumen Rp 60.000 bayar langsung pada petugasnya. Berkas legalisasi bisa diambil dengan 2 hari kerja.

16 komentar:

  1. kok aku diminta ke depdikbud dulu instead of depkumham?

    BalasHapus
  2. hmm kalo misalnya ke Depdikbud aku kurang thu ya coz yg aku tahu prosedurny biasany ke depkumham trus ke deplu. Coba tanya lgi aja prosedurny y :)

    BalasHapus
  3. Thx informatif bgt.. :) kebetulan aku lg butuh rute nya juga...
    Satu dokumen 25ribu ya? Kata temenku dia ngurus taun 2010 satu dokumen 10ribu... Naik kali ya..

    BalasHapus
  4. Y sama" ^^ iy wktu sblum kesana nyari2 info juga ktany harganya 10 ribu eh ternyata udah naik jadi 25 ribu hoho..

    BalasHapus
  5. punye referensi biro jasa yang bisa mengurusi legalisir. soale saya ada di jawa timur. thanks sarannya

    BalasHapus
  6. Yah kalo info biro2 gitu ga ada, soale saya langsung pergi kesana tanpa perantara

    BalasHapus
  7. Halo Mba, mau tanya..saya perlu info.
    Apakah ijazah Mba, dari univ. swasta? Lalu, apakah dilegalisir dulu oleh Dikti atau hanya dari universitas?

    BalasHapus
  8. Ups..sorry ketinggalan. Maksudnya untuk legalisir di Dephukham, apakah diminta legalisir dari Dikti dulu? Univ. nya swasta atau negeri ya? Saya lagi ngurus via agen, tapi kok dibilang perlu legalisasi dari Dikti atau lembaga pemerintah lain dulu. Padahal saya dari univ swasta yg masih aktif.

    BalasHapus
  9. Saya waktu itu legalisir ijazah SMA mba bukan univ, sy baru lulusn SMA mba hhe.. ga perlu ke dikti dulu kok prosedurnya kaya yg saya tulis diatas aja. sebelum kesana dilegalisir dulu sama univnya, kaya Poin A yg sudh saya tulis diatas. oh y spertnya legalisr univ atau sma pun sama aja yg penting sudah dileglisir instansi masing2 spy melihat keabsahan dokumenny :)

    BalasHapus
  10. Halo.. mao nanya donk, untuk legalisir ijazah dan transkrip ini memangnya setelah pengajuan VISA, ijazah dan transkrip (yang telah dilegalisir di Dephukham, Deplu dan kedutaan) tsb tdk akan dikembalikan ke qta ya? kenapa qta harus buat rangkap2 untuk dokumen ini? karena sy cari2 informasi, sptnya biaya legalisir di kedutaan agak mahal per dokumennya.
    Ooia mao nanya juga untuk pengajuan legalisir ini apakah harus org bersangkutan yang datang atau bisa diwakilkan?
    Mohon penjelasannya.. Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  11. sy jawab satu2 y smoga membantu
    Ga koq bukan setelah pengajuan visa. spertny Kapanpun bisa, kalo waktu itu saya bt kepntgn melanjutkan Studi.
    -hmm dikembalikanlah masa kita bayar trus dokumen legalisirny dikasih ke petugasnya :).
    -setahu saya, iya emang legalisir di kedutaan mahal tergntung dari ngranya msng2 c. tpi emng Mahal
    -kalo misalny rangkap yg aurel mksud dsini fotokopi dkumenny. kenapa harus dibuat rangkap kan udh ditulis diatas untuk keperluan Arsip. Mungkin buat org kementriannya kalau nanti ada apa2 dokmn kita bsa dipertanggjawabkan .CMIIW.
    - Sepertinya bisa diwakilkan soalnya dia ga minta sidik jari atau data lainnya yg memang mengharuskn org bersngkutan datang

    BalasHapus
  12. Coba ke www.everydaymandarin.com

    Sy jg pake mrk...Sy rekomendasi krn aman dan mrk bertanggung jawab, ini sy dpt dr senior2 yg skul ke luar jg.

    Mayoritas mahasiswa ITS dan ITB terjemah & legalisir doc ijazah, transkrip, medical di TETO di mereka. Biaya ok jk dibanding urus sendiri yg musti bolak-balik ke byk tpt. Jg agen2 lain yg jauh lbh mahal. Sy sudah mencobanya.

    BalasHapus
  13. Apakah untuk menerjemahkan berkas-berkas tersebut ke (www.everydaymandarin.com) hanya kedalam bahasa mandarin saja?,apakah bisa diterjemahkan kedalam bahasa jerman juga dan apakah penerjemah tersebut sudah tersumpah?,tolong informasinya ya..
    Terimakasih

    BalasHapus
  14. Hello, terimakasih udah menulis ini, infonya bermanfaat sekali. Btw, saya baca anda melegalisir ijazah SMU, apakah saat itu juga diminta spesimen tanda tangan dari pejabat2 sekolah yang menandatangani ijazah? setau saya kalo ijazahnya udah lama butuh spesimen - tapi ini untuk ijazah S1. Makanya kalo ijazah SMU saya ingin tau juga.

    BalasHapus
  15. @ully kalau untuk smu waktu biasanya kalo sudah dilegalisir kan sudah ada tanda tangan kepala sekolahnya

    BalasHapus
  16. Kemarin ak masukin doc k denham.kata temen,klo sma doc ok bisa langs d tinggl. Tp yg kemrn ak alami, ak hrs nyari notaris unt ngesahin sma doc ak, g tau mkd ny apa, apa krn ak buka pemegang ktp jkt?? Bnr2 nguras tenaga...

    BalasHapus

feel free for comment :) no spam.

 

blogger templates | Make Money Online